Beranda Nusantara BMKG: Dua gempa melanda Chilakap pada Jumat pagi

BMKG: Dua gempa melanda Chilakap pada Jumat pagi

Gempa tektonik akibat aktivitas di zona subduksi

Chilacap (ANTARA). Ada dua gempa bumi di wilayah Kabupaten Chilakap Jawa Tengah pada Jumat pagi, kata kepala stasiun geofisika BMKG Banjarnegara Setyoadji Prayoedie.

“Gempa pertama dengan kekuatan 3,2 skala richter terjadi pada 04.42 WIB. Pusat gempa berada di 8562 LS dan 108.97588 BT atau 92 kilometer barat daya Chilakap pada kedalaman 24 kilometer,” katanya di Banjarnegar, Jumat. …

Sedangkan gempa kedua, kata dia, dengan magnitudo 3,3 skala Richter terjadi pada pukul 06.07 WIB, berlokasi di 8,27 LS dan 108,91 BT, atau 61 kilometer barat daya Chilachap, pada kedalaman 31 kilometer.

Menurut dia, dua gempa tektonik yang terjadi pada Jumat (1/10) pagi itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Kedua gempa ini bersifat tektonik karena aktivitas di zona subduksi. Kita tahu bahwa di sebelah selatan Chilakap terdapat Lempeng Indo-Australia yang masuk ke dalam Lempeng Eurasia. Aktivitas kedua lempeng itu terkadang memicu gempa serupa dengan yang terjadi pagi ini. “katanya.” jelas Setoaji.

Warga Kabupaten Cilacap tidak perlu khawatir, katanya, karena gempa merupakan bagian dari pelepasan energi yang diharapkan dapat meminimalisir terjadinya gempa yang lebih besar.

Namun, dia mengimbau warga Chilacapa untuk tetap waspada terhadap potensi gempa di daerah tersebut.

“Bahkan, Chilacap juga sering mengalami gempa. Jika lama tidak ada gempa, dikhawatirkan akan terjadi gempa dengan magnitudo lebih besar,” ujarnya.

Artikel sebelumyaPada Jumat, BMKG memprediksi sebagian besar wilayah Indonesia akan berawan.
Artikel berikutnyaBadai tersebut merusak tiga rumah dan sebuah sekolah di Meulabo, Aceh Barat.