Beranda Nusantara BKSDA evakuasi perempuan tapir yang terjerat di Minas, Kabupaten Siak

BKSDA evakuasi perempuan tapir yang terjerat di Minas, Kabupaten Siak

Luka jebakan cukup serius

Pekanbaru (ANTARA) – Tim dari BKSDA Riau berhasil mengevakuasi seekor tapir betina setelah terjepit dan kakinya luka parah akibat diikat terlalu lama dengan tali di kawasan Minas, Siak.

Pj Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau, Hartono, Jumat mengatakan, BKSDA Wilayah II telah menerima laporan terkait tapir terjerat.

“Sebuah tim segera dikirim untuk menyelamatkan di lokasi pencarian untuk menemukan tapir di jalan. Tapir betina ditemukan dalam kondisi lemah dan tergeletak di perkebunan kelapa sawit,” kata Hartono kepada media di Pekanbaru.

Menurut dia, menurut informasi dari warga, Tapir pertama kali ditemukan oleh pekerja yang bekerja dengan kelapa sawit tergeletak di bawah pohon sawit di taman umum.

Hartono mengatakan, saat evakuasi, terlebih dahulu ditentukan kondisinya.

“Hasil identifikasi menunjukkan bahwa bagian bawah tapir adalah betina dewasa. Dari identifikasi juga terungkap bahwa hewan itu memiliki dua luka lingkar di kaki. Luka di kiri. Kaki depan,” katanya.

Luka lain di telapak kaki dipotong dengan lingkaran, tetapi dia kembali mengatakan bahwa lukanya hampir sembuh. Sementara di sisi belakang, kaki baru terkena jebakan. Lingkaran itu patah, tetapi daging di kakinya hilang, hanya menyisakan tulang.

“Karena jebakan cukup serius, tim segera memindahkan tapir ke kandang evakuasi dan membawanya ke Pekanbaru untuk perawatan dan perawatan lebih lanjut,” katanya.

Artikel sebelumyaKLHK masih memperkirakan kebakaran hutan dan lahan meskipun La Nina
Artikel berikutnyaElang Jawa dilepasliarkan di Bromo-Tenger-Semeru