Beranda Warganet BC Borobudur: Warisan budaya yang mendasar bagi generasi muda

BC Borobudur: Warisan budaya yang mendasar bagi generasi muda

Candi Borobudur sebagai warisan dunia harus dilestarikan

Magelang (ANTARA) – Warisan budaya merupakan nilai fundamental bagi generasi muda atau generasi milenial yang sedang membangun bangsa, kata Vivit Kasiyati, Kepala Balai Konservasi Borobudur.

Vivit di Magelang, Rabu mengatakan, bagi generasi milenial, cagar budaya, khususnya cagar budaya dan apa yang bukan cagar budaya atau nilai intangible, jelas menguntungkan karena merupakan identitas bangsa Indonesia.

“Berkat nilai-nilai yang ada, serta warisan budaya fisik, harus diakui oleh generasi muda, karena ini adalah dasar bagi mereka di masa depan,” katanya.

Menurutnya, warisan budaya ini merupakan identitas bangsa, sehingga harus mulai mengenal dan melestarikannya.

Ia mengatakan, untuk mengenal cagar budaya, pihaknya tak henti-hentinya menerbitkan publikasi.

“Kita sampaikan misalnya Candi Borobudur sebagai warisan dunia harus dilestarikan, harus diketahui dan harus diwaspadai nilai-nilai yang ada di Candi Borobudur,” ujarnya.

Menurutnya, sosialisasi kepada masyarakat tentang perlindungan cagar budaya belum lengkap.

“Kami belum melihat secara utuh. Ada yang sudah mulai menyadari dan ada yang belum, dan menjadi tanggung jawab bersama untuk tetap sadar melalui berbagai kegiatan,” ujarnya.

Ia mencontohkan melalui teknologi informasi, nantinya upaya tersebut akan dimasukkan ke sana, sehingga menjadi bagian dari pendidikan.

Nantinya, semua pengunjung yang masuk ke Borobudur akan mendapatkan informasi tentang candi Borobudur dan sekitarnya dengan menyalakan ponsel mereka.

“Semua informasi akan muncul di sana, jadi mereka akan mulai mengerti juga, karena dengan model saat ini, saya yakin mereka penasaran dan mereka akan membukanya, karena sekarang juga harus mengikuti pangsa pasar,” katanya.

Menurutnya, jika generasi milenial tetap dididik seperti dulu, dengan banyak bicara mungkin bosan, namun dengan teknologi modern, mereka berharap dapat terinformasi dan tentunya juga diajak ke lokasi kencan. mereka lebih baik.

Artikel sebelumyaPendaftaran Program Beasiswa Bangkit Indonesia dibuka mulai tanggal 10 hingga 14 September.
Artikel berikutnyaUpacara HUT Kota Ambon Semarak