Beranda Nusantara BBKSDA Sumut menerima pemulangan individu orangutan sumatera

BBKSDA Sumut menerima pemulangan individu orangutan sumatera

Medan (ANTARA) – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut menerima pemulangan satu orangutan sumatera (Pongo abeli) dan delapan ekor burung beo (Gracula Religios) dari Balai Penyelamatan Satwa Liar Tegal Alur (PPSTA) milik DKI. Pusat KSDA Jakarta.

Pj Kepala BKSDA Sumut Hotmauli Sianturi dalam keterangannya, Kamis, mengatakan pemulangan sembilan satwa liar tersebut merupakan hasil dari upaya penegakan hukum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap berdasarkan putusan PN Tsikarang. Nomor : 234 /Pid /LH/2021/PN.Ckr.

Ia mengatakan, kesembilan hewan tersebut disumbangkan kepada masyarakat, yang sebelumnya ditampung dan dipelihara di PPSTA yang dikelola Balai KSDA DKI Jakarta.

“Orangutan sumatera dan burung emas/nuri merupakan satwa yang dilindungi berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: 106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi,” ujarnya.

Hotmauli mengatakan orangutan sumatera tersebut akan menjalani rehabilitasi di Pusat Karantina dan Rehabilitasi Batu Mbelin Sibolangit, Kabupaten Delhi Serdang, yang dikelola oleh mitra dari KSDA Sumut Center, Yayasan Ekosistem Lestari.

Sedangkan singa/nuri cina akan direhabilitasi di PPS Sibolangit yang dioperasikan oleh Pusat KSDA Sumut. Setibanya di pusat rehabilitasi, hewan-hewan tersebut akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan proses pemulihan, serta rehabilitasi.

“Nantinya satwa ini akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya setelah menjalani proses rehabilitasi. Diharapkan setelah pembebasan, satwa liar dapat berkembang biak di habitatnya,” ujarnya.

Dia menambahkan, selama pandemi COVID-19 saat ini, hewan dapat terinfeksi virus. Untuk itu, pada saat kepulangan satwa yang dilindungi tersebut diterapkan protokol kesehatan yaitu dilakukan swab dan petugas yang terlibat dalam kegiatan tersebut mendapatkan vaksin dan menggunakan masker. perisai.

Artikel sebelumyaBPBD Gunung Kidul mendistribusikan 1200 tangki air bersih
Artikel berikutnyaOrangutan asal Sumatera Utara dilepasliarkan ke alam liar di Riau