Beranda Nusantara BBKSDA Riau Lepaskan Delapan Kukang di Hutan Lindung

BBKSDA Riau Lepaskan Delapan Kukang di Hutan Lindung

Hasil observasi layak dipublikasikan

Pekanbaru (ANTARA) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau telah melepasliarkan delapan ekor kukang, salah satu jenis primata yang dilindungi, ke kawasan hutan lindung provinsi tersebut.

“Dengan pelepasan satwa dilindungi pada Selasa (24/8), BBKSDA bekerja sama dengan Polda Riau dan Kejaksaan Riau,” kata Kepala KSDA Riau Hartono kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan, hewan dengan nama latin Nycticebus coucang itu merupakan korban penyelundupan yang dihentikan oleh Polres Ditreskrimsus Riau pada Juli 2021.

Hartono mengatakan, setelah diselamatkan dari penyelundupan, kukang sebelumnya dirawat di klinik angkutan hewan BBKSDA di Riau. Dari delapan ekor tersebut, dua ekor anak ayam dan enam ekor dewasa berumur 3 sampai 4 tahun.

“Mereka semua sehat dan hasil pengamatannya layak untuk dilepaskan ke alam liar,” katanya.

Ia menjelaskan, satwa ini mendiami habitat hutan primer dan sekunder di dataran rendah dan banyak dijumpai di perkebunan.

Kukang adalah salah satu hewan yang dilindungi secara hukum dan diklasifikasikan dalam kategori IUCN sebagai undiscovered (endangered). Sedangkan menurut CITES, hewan ini termasuk dalam Epindic I yang artinya tidak diperbolehkan. dijual atau dijual,” ujarnya.

Artikel sebelumyaDeteksi Benda Mirip Bom di Bekasi
Artikel berikutnyaPerempuan masih menghadapi tantangan dalam pengelolaan perhutanan sosial