Beranda Nusantara Banjir rob membanjiri bangunan perumahan dan RS Mamuju

Banjir rob membanjiri bangunan perumahan dan RS Mamuju

Banjir rob dari perairan Sulawesi ini membanjiri separuh pemukiman warga yang biasanya berprofesi sebagai nelayan di pesisir pantai.

Mamuju (ANTARA) – Banjir rob akibat banjir rob di kawasan permukiman dan Rumah Sakit Bayangkara yang terletak di pesisir Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Banjir rob Sabtu malam membanjiri sub wilayah di lepas pantai Kota Mamuju, antara lain masyarakat di Kecamatan Binanga dan Mamuju serta Kecamatan Karema Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju.

Banjir rob yang terjadi di kawasan Kashiwa, Desa Binanga, Mamuju, membuat warga mengungsi dan mengganggu aktivitas sosial.

“Banjir rob di perairan Sulawesi ini telah membanjiri separuh pemukiman warga yang biasanya berprofesi sebagai nelayan di pesisir pantai di desa Karema di kota Mamuju,” kata Anka setempat.

Ia mengatakan, gelombang pasang yang disertai gelombang besar menerjang pesisir Desa Karema hingga menyebabkan separuh pemukiman warga terendam banjir.

“Air pasang juga terjadi tiga tahun lalu, namun banjir rob ini cukup parah dibandingkan sebelumnya, dan banjir rob ini harus diwaspadai karena masih bisa terjadi dalam tiga hari ke depan,” katanya.

Sementara itu, banjir rob di Desa Simboro membanjiri RS Bhayangkar sehingga mengganggu pelayanan kesehatan di RS tersebut.

“Gelombang pasang dapat melewati jalan utama dan sejumlah sungai, menyebabkan air laut membanjiri separuh pemukiman, serta Rumah Sakit Bayangkara yang terletak di pesisir Mamuju,” kata seorang warga Harul.

Dikatakannya, warga mengungsikan barang bawaannya ke tempat yang lebih tinggi karena takut terendam banjir rob.

Ia berharap pemerintah memasang penahan air laut agar banjir rob tidak lagi membanjiri permukiman di sekitar pantai kota Mamuju.

Artikel sebelumyaWali Kota Palangka Raya Khawatir Peningkatan Konsumsi Air di Sungai Kahayan
Artikel berikutnyaGempa berkekuatan 6,2 mengguncang Mongondou Selatan