Beranda Nusantara Banjir bandang melanda desa Wonozoko Kudus, menyebabkan satu rumah roboh

Banjir bandang melanda desa Wonozoko Kudus, menyebabkan satu rumah roboh

Banjir seperti ini sering terjadi

Kudus (ANTARA) – Banjir bandang melanda Desa Wonozoko, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menimpa puluhan rumah warga, dan satu rumah roboh akibat diguyur hujan lebat di sekitarnya, Selasa.

“Dari rumah yang terkena dampak, satu rumah roboh dan empat rumah rusak sedang akibat banjir bandang,” kata Kepala Desa Wonozoko Setiyo Budi di Kudus, Selasa.

Hal itu menunjukkan bahwa hasil pendataan sementara memang menyangkut 19 rumah warga yang mengalami kerusakan, serta tanah dan perabotannya sudah tersapu arus. Namun, lebih banyak informasi dari warga yang masuk ke dalam lumpur, sehingga jumlahnya bisa mencapai puluhan rumah.

Hujan di Desa Wonozoko sebelum banjir bandang, katanya, kemudian terjadi banjir bandang sekitar pukul 15.00 WIB setelah air dari Sungai Londo meluap dan masuk ke pemukiman penduduk.

“Banjir seperti ini sering terjadi karena air yang melintasi sungai setempat berasal dari beberapa daerah, seperti daerah Pati dan Grobogan yang melintasi Pegunungan Kendeng,” katanya.

Mengenai Pegunungan Gyeongdeng di wilayah Wonozoko, katanya sudah hijau dan memiliki banyak tanaman karena beberapa penghijauan sedang berlangsung, tetapi karena Pegunungan Gyeongdeng juga antar wilayah, saat hujan, air yang melintasi sungai setempat mungkin melebihi kapasitas sungai….

Kepala Harian BPBD Kabupaten Kudus Budi Valujo menambahkan, banjir bandang di Desa Wonozoko diduga karena sebagian wilayah pegunungan yang tandus, sehingga air hujan langsung mengalir ke sungai sehingga menyebabkan banjir bandang di beberapa desa Wonozoko dan berdampak pada rumah warga. .

Selain rumah warga, kata dia, banjir bandang juga berimbas pada tempat wisata lokal, yakni Sendang Devot, karena dipenuhi lumpur yang terbawa banjir.

Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai Rp 75 juta, karena ada rumah yang rusak berat atau sedang.

Relawan gabungan dibantu TNI dan Polri serta warga sekitar melakukan gotong royong membersihkan jalan dan rumah yang becek, membawa empat unit mobil tangki dan dua unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD, Satpol PP dan PMI Kudus.

Artikel sebelumyaLongsor di Lembang Blok Akses Cimahi-Bandung Barat
Artikel berikutnyaKLHK temukan gajah sumatera mati karena kurang gizi