Beranda Nusantara Badai petir diperkirakan terjadi di delapan wilayah Kalimantan Timur mulai Sabtu hingga...

Badai petir diperkirakan terjadi di delapan wilayah Kalimantan Timur mulai Sabtu hingga Minggu.

Balikpapan (ANTARA). Sebanyak delapan wilayah (kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim diprediksi akan mengalami hujan lebat hingga badai petir yang kemungkinan akan disertai angin kencang pada Sabtu-Minggu (8-9/10), sehingga semua pihak diminta mewaspadai. siap menghadapi dampaknya.

“Kejadian ini bisa mengakibatkan banjir, luapan sungai, pohon tumbang dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan perlu ditingkatkan,” kata Peramal Cuaca Balikpapan Sultan Aji Muhammad Suleiman (SAMS) Sepinggan BMKG Ilham Rosihan Fakhturoni di Balikpapan, Jumat.

Informasi prakiraan cuaca ini juga disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sehingga dapat diprediksikan dampak minimal terhadap penduduk.

Peristiwa tersebut terjadi di delapan kabupaten/kota: Kota Balikpapan, Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser.

Dia menjelaskan, di Kota Balikpapan pada Sabtu sekitar pukul 23.00 WITA diprediksi terjadi badai petir di Kota Balikpapan, Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan, dan Balikpapan Tengah.

Pada Minggu pagi sekitar pukul 02.00 WITA diprediksi akan terjadi badai petir di Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah pada pukul 05.00 dan 08.00 WIB, dengan kemungkinan terjadi di Balikpapan Timur dan Kota Balikpapan.

Kabupaten Berau pada hari Sabtu sekitar pukul 14.00 dan 17.00 WIB berpotensi terjadi badai petir di wilayah Kecamatan Tanjung Redeb, Kelay, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, Talisayan dan Teluk Bayur.

Hujan lebat dan badai petir diprakirakan pada pukul 20.00 dan 23.00 di sub wilayah Tanjung Redeb, Kelay, Maratua, Pulau Derawan, Tabalar, Batu Putih, Biatan, Ursa Major, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, Talisayan dan Teluk Bayur. .

Kabupaten Penajam Paser Utara pada hari Sabtu sekitar pukul 23:00, hujan lebat di wilayah Penajam, pada hari Minggu sekitar pukul 05:00 dan 08:00 WITA, badai petir di wilayah Babulu dan Waru.

Kabupaten Paser pada hari Sabtu sekitar pukul 23.00 hampir di seluruh wilayah berpotensi terjadi badai petir kecuali Long Kali dan Muara Samu, pada hari Minggu sekitar pukul 05:00 dan 08:00 terjadi badai di semua wilayah kecuali Muara Samu, Muara Komam dan Long Ikis. Kata Inspirasi.

Artikel sebelumyaDLH: Sapu Mataram angkut 12 kwintal sampah sehari
Artikel berikutnyaMenteri Lingkungan Namibia: 55 badak dan 2 gajah telah diburu sejak Januari