Beranda Nusantara Akses menuju Ambon terhambat akibat longsor di Leikhitu Barat.

Akses menuju Ambon terhambat akibat longsor di Leikhitu Barat.

Ambon (ANTARA). Pada Rabu sore, jalan utama menuju kota Ambon ditutup akibat longsor di Negara Wakashihu, Kecamatan Leihitu Barat (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah.

“Bencana alam ini terjadi sekitar pukul 11.30 WIB, sehingga kendaraan bermotor untuk sementara tidak bisa melintas, dan tidak ada korban jiwa maupun kerusakan harta benda akibat bencana ini,” kata Kapolsek Pulau Ambon dan Kabag Humas PP Sewa Ipda Moyo . Utomo di Ambon, Rabu.

Akibat hujan yang terus mengguyur Pulau Ambon dengan intensitas sedang hingga lebat dua hari lalu, tanah miring dan pepohonan di lokasi tumbang menutupi ruas jalan utama.

Bencana tersebut juga mengakibatkan pemadaman listrik dan jatuhnya tiang listrik yang menghalangi jalan.

Menurut dia, Kapolsek Leyhitu Barat bersama petugas yang turun ke lokasi langsung menyepakati Dinas Jalan PUPR Maluku untuk melakukan tindakan darurat.

“Akibat kesepakatan tersebut, Bina Marga meminta waktu untuk menghubungi kontraktor yang memiliki alat berat, seperti ekskavator, untuk bahan pembersih dan pergudangan,” jelas Moyo Utomo.

Sementara itu, Kepala Dinas Jalan Raya Amy Pellout menjelaskan material longsor sangat besar sehingga dibutuhkan bantuan alat berat untuk membersihkannya agar jalan bisa dibuka kembali.

Artikel sebelumyaBMKG imbau masyarakat Aceh waspada banjir meski puncak musim kemarau
Artikel berikutnyaPemprov Sumsel dorong pertumbuhan ekonomi hijau