Beranda News Airlangga: Indonesia Ingin Pasar CPO Turki Tumbuh Kembali

Airlangga: Indonesia Ingin Pasar CPO Turki Tumbuh Kembali

Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menginginkan pasar minyak sawit Indonesia (CPO) di Turki tumbuh kembali dengan mempercepat penandatanganan Comprehensive Economic Partnership Agreement antara Indonesia dan Turki (IT CEPA).

Hal itu disampaikan Airlangga dalam keterangan pers virtualnya usai mendampingi Presiden Djokovi dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Roma, Italia, Sabtu (30 Oktober).

“Mengenai kesepakatan CEPA antara Indonesia dan Turki, kita semua tahu bahwa CPO Indonesia memiliki pasar yang besar di Turki. Namun, pasar ini telah mengalami kontraksi, sehingga kita perlu mempercepat untuk memulihkannya,” kata Ayrlangga.

Eirlangga mengatakan dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokovi mengatakan akan menginstruksikan Menteri Perdagangan RI untuk menangani masalah tersebut.

Mengenai rencana peluncuran mekanisme strategis tingkat tinggi antara kedua negara, dia mengatakan kedua pemimpin sepakat untuk menginstruksikan menteri luar negeri masing-masing untuk melakukan diskusi.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berencana berkunjung ke Indonesia sekitar Januari atau Februari 2022.

Presiden Djokovi mengatakan kepada Erdogan bahwa dia menantikan kunjungan itu. Djokovi meyakini kunjungan tersebut akan mempererat hubungan Indonesia dengan Turki.

Artikel sebelumyaAirlangga: Indonesia Berharap Percepatan EU CEPA Dorong Ekspor
Artikel berikutnyaMenteri Keuangan Shri Mulyani menjelaskan tiga tantangan pemulihan ekonomi global