Beranda News Airlangga: Indonesia Berharap Percepatan EU CEPA Dorong Ekspor

Airlangga: Indonesia Berharap Percepatan EU CEPA Dorong Ekspor

Jakarta (ANTARA). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia berharap akselerasi hubungan Indonesia dengan Comprehensive Economic Partnership Agreement (EU CEPA) Uni Eropa dapat mendorong ekspor Indonesia ke Eropa dan sebaliknya.

Demikian dilansir Airlangga dalam keterangan pers virtual usai mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Roma, Italia, Sabtu (30 Oktober).

“Sebagai Presiden Prancis selaku Presiden Uni Eropa, tentunya Presiden Djokovi meminta untuk mempercepat pembahasan antara Indonesia dengan CEPA Uni Eropa. Kami berharap dengan percepatan EU CEPA untuk Indonesia ini akan meningkatkan ekspor ke Eropa dan sebaliknya,” kata Eirlangga.

Eirlangga mengatakan pada kesempatan ini bahwa Prancis mendukung Indonesia dalam kepemimpinan G20 mendatang. Harapannya, Indonesia yang menjabat sebagai presiden G20 memiliki daya negosiasi yang tinggi dan bersama dengan presiden Prancis di UE, mampu menyelesaikan permasalahan yang ada.

Sementara itu, dalam pertemuan antara Presiden Djokovi dan Presiden Prancis, juga dibahas kerja sama kedua negara di bidang teknologi pertahanan.

Presiden Jokovi mengatakan investasi Prancis di industri alutsista di Indonesia akan sangat diapresiasi.

Para pemimpin kedua negara juga membahas perubahan iklim.

Presiden Yokovi percaya bahwa implementasi Perjanjian Paris yang konsisten sangat penting.

Artikel sebelumyaAirlangga: Australia Dukung Kebijakan Sektor Energi Indonesia
Artikel berikutnyaAirlangga: Indonesia Ingin Pasar CPO Turki Tumbuh Kembali