Beranda Warganet 6400 KK akan menerima air bersih dari SPAM Raknamo

6400 KK akan menerima air bersih dari SPAM Raknamo

untuk kesejahteraan masyarakat di NTT, khususnya di Kabupaten Kupang, air menjadi kunci utama

Kupang (ANTARA) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan dapat menyediakan air bersih bagi 6.400 rumah tangga di Kabupaten Kupang jika Sistem Air Minum Raknamo (SPAM) sudah beroperasi.

“Setelah SPAM ini beroperasi, direncanakan menyediakan 6.400 sambungan air bersih ke rumah-rumah,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kupang, Sabtu.

Dikatakannya, pembangunan SPAM Raknamo sudah mencapai 63 persen dan direncanakan pada April 2023 sudah bisa digunakan untuk distribusi ke ribuan rumah di kawasan Kupang.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di NTT, khususnya di Kabupaten Kupang, air menjadi kunci utama,” ujarnya.

Dikatakannya, pada tahun 1984, saat pertama kali menjadi penyuluh pertanian di Kabupaten Kupang, Oesao, yang kini sawahnya sangat kering.

Di daerah ini pun sulit untuk menanam sayuran, sehingga jika membutuhkan sayuran harus memesannya di luar NTT. Tapi sekarang semuanya telah berubah setelah saluran irigasi diletakkan di daerah tersebut setelah pembangunan bendungan dan bendungan.

Perlu diketahui, anggaran pembangunan SPAM Raknamo mencapai Rp 87,27 miliar dengan kapasitas 40 x 2 liter per detik.

Sebanyak delapan desa dipastikan akan mendapat air bersih. Delapan desa yang ada di Kabupaten Kupang antara lain desa Raknamo, Manusak, Oelamasi, Desno, Kairane, Fatukanutu, Oefeto dan Kuanheum.

Kehadiran Bendungan Raknamo yang dibuka Presiden Joko Widodo pada 2018, akan menyediakan air baku yang akan disalurkan melalui SPAM kemudian dari SPAM akan disalurkan ke rumah-rumah warga.

Perlu diketahui bahwa lingkup pekerjaan pada bendungan ini meliputi jaringan perpipaan jaringan transmisi air baku, sistem pengolahan air bersih, tangki distribusi dengan kapasitas 300 meter kubik dan kapasitas 200 meter kubik. Selain itu, dibangun pula jaringan pipa distribusi air bersih di SPAM Raknamo.

Artikel sebelumyaKPU Targetkan Generasi Milenial Sementara Generasi Z Peduli Pilkada Serentak 2024
Artikel berikutnyaPemerintah Kabupaten Karawang mempermudah perizinan bagi apoteker.