Beranda Warganet 60 persen warga Yogyakarta harus divaksinasi pada akhir Agustus.

60 persen warga Yogyakarta harus divaksinasi pada akhir Agustus.

Yogyakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Yogyakarta melaksanakan program vaksinasi Jogya Merdeka dan menargetkan vaksinasi terhadap COVID-19 pada akhir Agustus 2021 setidaknya 60 persen warganya.

“Saya percaya bahwa vaksinasi berkembang sangat baik, ke arah pencapaian. Setidaknya 60 persen warga Yogyakarta divaksinasi pada akhir Agustus,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat mengunjungi pusat vaksinasi PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Senin.

Pusat vaksinasi dirancang untuk memfasilitasi akses warga ke layanan vaksinasi COVID-19 dan mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi.

Selain PDAM Tirtamarta Yogyakarta yang dapat memberikan vaksin kepada 1.000 orang selama beroperasi, Pemkot Yogyakarta menyediakan pusat vaksinasi COVID-19 di XT-Square dan mendukung terselenggaranya layanan vaksinasi massal yang diinisiasi oleh instansi atau lembaga.

“Semakin banyak vaksinasi, semakin banyak orang akan ada. terinformasi dengan baik (sadar) untuk memudahkan mereka mengakses,” kata Haryadi.

Warga yang ingin divaksinasi dapat mendaftar secara online melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

“Layanan juga disediakan pergi menunjukkan (bagi warga yang datang langsung) dengan kuota tertentu,” kata walikota.

Ia meminta camat dan lurah untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang layanan vaksinasi yang bisa diakses di luar fasilitas kesehatan.

Dengan bertambahnya jumlah pusat layanan vaksinasi, selain pusat layanan vaksinasi rutin, cakupan vaksinasi COVID-19 di Yogyakarta diperkirakan akan mencapai 75 persen pada September.

Pengenalan vaksinasi terhadap COVID-19 untuk semua tujuan dijadwalkan selesai pada Desember 2021 di kota Yogyakarta.

Yudiriya Amelia, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, mengatakan selain mendirikan pusat vaksinasi, pemerintah juga menyelenggarakan layanan vaksinasi massal di berbagai lokasi.

“Misalnya, DPRD Kota Yogyakarta akan menggelar vaksinasi massal dosis kedua pekan ini. Begitu juga siswa SD juga sudah mulai dosis kedua dan masih menerima dosis pertama,” ujarnya.

Pelayanan vaksinasi untuk anak sekolah dasar di Yogyakarta akan dipusatkan di SMP Negeri 5, SMP Negeri 6, SMP Negeri 8 dan SMP Muhammadiyah 2 di Yogyakarta.

Artikel sebelumyaHujan abu Merapi mengguyur beberapa desa di Kabupaten Magelang
Artikel berikutnyaSosiolog: Pesan Presiden untuk saling peduli seharusnya mengkhawatirkan