Beranda Warganet 5.471 narapidana di Sulawesi Selatan divaksinasi

5.471 narapidana di Sulawesi Selatan divaksinasi

Makassar (ANTARA) – Kepala Kantor Wilayah (Canville) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Selatan Harun Sulianto mengatakan 5.471 narapidana (WBP) di 24 Lapas dan Rutan mendapatkan vaksinasi COVID-19.

“Dari 10.500 narapidana lain di Sulawesi Selatan, hampir 6.000 telah divaksinasi. Artinya mereka sudah mencapai lebih dari 50 persen tingkat vaksinasinya,” kata Harun di Lapas Kelas I Gunungsari Makassar, Jumat.

Vaksinasi hari ini dimulai di Lapas Kelas I di Lapas Gunungsari Makassar, Lapas Takalar dan Bulukumba, dilanjutkan dengan vaksinasi pada Sabtu di Rutan Makassar.

Dari 6.000 narapidana yang divaksinasi, kata dia, ada enam Rutan yang vaksinasinya sudah mencapai 90 persen, yakni Rutan Pinrang, Malino, Watansoppeng, Sidrap, Sinjay, dan Bantayeng.

Program vaksinasi cepat pemerintah juga merupakan bagian dari upaya Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk menghentikan penyebaran COVID-19, khususnya di Rutan dan Lapas Sulawesi Selatan.

Dia juga mengingatkan bahwa semua narapidana harus mematuhi protokol kesehatan COVID-19, memakai masker, sering mencuci tangan, menghindari keramaian, makan lebih banyak untuk meningkatkan kekebalan dan, yang paling penting, membangun ketakwaan terhadap Hashem.

“Prokes tetap jaga, dan ini kita lakukan di Rutan dan Lapas Sulsel. Alhamdulillah, sekarang semuanya terkendali terkait kesehatan para napi kita,” kata Haroun.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten Kota, TNI dan Polri yang telah membantu memvaksinasi WBP.

Rencananya, pihaknya akan bertemu dengan Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisam untuk mendukung 100% vaksinasi narapidana guna membentuk herd immunity di Lapas.

Lingkungan Vaksinasi COVID-19 bagi Narapidana (WBP) di Rutan Kelas I Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA / Rutan Ho-Humas Makassar.

Sementara itu, Edi Kurniadi, Kepala Rutan Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan, mengatakan hingga saat ini 5.471 narapidana telah divaksinasi di Lapas dan Rutan di Sulawesi Selatan. Sebanyak 2.283 WBP divaksinasi dengan dosis pertama dan 3.188 WBP divaksinasi dengan dosis kedua (penuh).

Dalam menjalankan tugasnya (Plt), Kepala Lapas Takalar Bavono Ica Sutomo mengatakan, berdasarkan jumlah vaksinasi di tempat kerjanya, sebanyak 238 WBP dan empat petugas Lapas Takalar divaksinasi dengan dosis pertama bekerja sama dengan LP Takalar. Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar dan Kepolisian Resor Takalar.

“Jumat ini, Dinas Kesehatan Takalar akan mengirimkan tiga tim vaksinator untuk melanjutkan vaksinasi 390 WBP lainnya,” tambah Bavono.

Artikel sebelumya213 Hafiz Indonesia ambil bagian dalam pemilihan imam masjid untuk UEA
Artikel berikutnyaWakil Wali Kota menjamin tarif tes PCR di Surabaya turun menjadi Rp 495.000.