Beranda Hukum 27 pencari suaka asing dipindahkan ke Jakarta

27 pencari suaka asing dipindahkan ke Jakarta

Penularannya sulit, selain tingkat PPKM yang tinggi di ibu kota, mereka harus divaksinasi terlebih dahulu sebelum dosis kedua.

Makassar (ANTARA) – Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar telah memindahkan 27 warga negara asing (WNA) pencari suaka politik dari Makassar ke Jakarta.

Kepala Makassar Rudenim Alimuddin mengatakan di Makassar pada hari Kamis bahwa pemindahan pengungsi asing dilakukan setelah Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyetujui pemindahan tersebut.

“Dulu ada aplikasi terjemahan. Setelah mendapat izin dari Ditjen Imigrasi, mereka dibawa ke Jakarta menunggu proses lebih lanjut,” ujarnya.

Disebutkan pula, permintaan pemindahan 27 pengungsi asing itu sudah diterima sejak Juni 2021. Namun, ditunda karena pandemi COVID-19, termasuk pelaksanaan PPKM Tingkat IV.

“Penularannya sulit, selain tingkat PPKM yang tinggi di ibu kota, mereka harus divaksinasi terlebih dahulu sebelum dosis kedua,” katanya.

Alimuddin menyebutkan negara asal mereka, yakni tujuh pengungsi dari Palestina, enam dari Myanmar dan Afghanistan, lima dari Sri Lanka, dan tiga dari Somalia.

“Penerjemahan dimaksudkan untuk memudahkan proses pemukiman kembali (pindah ke negara ketiga) karena beberapa tahapan seperti pemeriksaan kesehatan dan wawancara dengan negara penerima di Jakarta,” ujarnya.

Dikatakannya, pemindahan mereka ke Jakarta didampingi petugas dari Makassar Rudenim dan petugas dari Jakarta Rudenim.

Mereka berangkat dengan penerbangan Garuda Airlines GA 0641 pada pukul 12:15 WITA menuju Jakarta. Setibanya di Jakarta, petugas mengantar para pengungsi ke kantor Rudenim di Jakarta untuk dipindahkan.

Mereka kemudian digiring petugas ke tempat penampungan di bawah pengawasan Rudenim Jakarta.

Selain itu, Alimuddin mengatakan, sejak Januari 2021, Makassar-Rudenim telah memukimkan kembali 83 pengungsi. Saat ini jumlah pengungsi yang tinggal di 20 shelter di Kota Makassar sebanyak 1.597 orang.

Artikel sebelumyaKetua DPR berharap penghapusan pamen ini menjadi langkah awal reformasi kepolisian.
Artikel berikutnyaalbum yang dikemas ulang "Favorit" NCT terjual 1 juta kopi dalam seminggu