Beranda Warganet 19,5 hektar hutan lindung terbakar di Aceh Tengah

19,5 hektar hutan lindung terbakar di Aceh Tengah

Banda Aceh (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBA) Aceh melaporkan sekitar 19,5 hektare kawasan hutan lindung telah terbakar di beberapa titik di wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan diperkirakan akan terus meluas.

Pada Kamis, Direktur Eksekutif BPBA Ilyas di Banda Aceh mengatakan, sekitar pukul 12.30 WIB, telah terjadi kebakaran hutan lindung di beberapa titik di Desa Mendele Utung Utung, Kecamatan Kebayakan.

“Informasi terakhir yang diterima Pusdalops BPBA, api belum berhasil dipadamkan,” kata Ilyas melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBA.

Menurut dia, BPBD Kabupaten Aceh Tengah juga menerjunkan dua unit armada pemadam kebakaran ke lokasi untuk memadamkan api dengan dukungan warga sekitar.

Namun, menurut Ilyas, jarak dari posko utama ke lokasi kebakaran sekitar 8 kilometer. Selain itu, sumber air juga jauh, sehingga menyulitkan petugas untuk memadamkan api.

“Penyebab kebakaran masih diselidiki,” kata Ilyas.

Selain itu, kata dia, BPBA juga menerima laporan kebakaran hutan di lahan seluas 4,5 hektare di Desa Kampung Paya Tugel, Kecamatan Jagong Jeget, Aceh Tengah, sekitar pukul 13.15 WIB.

BPBD setempat juga menerjunkan personel dan dua unit pemadam kebakaran untuk memadamkan api dengan bantuan TNI-Polri dan masyarakat sekitar.

Namun, menurut dia, penyebab kebakaran masih diselidiki pihak berwajib.

“Untuk masalah di lapangan, jarak dari posko utama ke lokasi sekitar 4 kilometer, dan sumber airnya jauh. Kondisi terakhir api tidak berhasil dipadamkan,” ujarnya.

Artikel sebelumyaBasarnas siap melakukan pelatihan SAR di Sitaro
Artikel berikutnyaKomisi III DPR Puji Perlawanan COVID-19 di Sulut