Beranda Warganet 1.700 orang akan menghadiri STQ Nasional XXVI di Maluku Utara.

1.700 orang akan menghadiri STQ Nasional XXVI di Maluku Utara.

Ternate (ANTARA) – Sebanyak 1.700 orang mengikuti Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI yang berlangsung di Sofifi, Maluku Utara, 16-25 Oktober 2021, yang terdiri dari peserta dan support group dari seluruh Indonesia.

“Ini kali pertama Maluk Utara dipercaya menjadi tuan rumah ‘event’ nasional. Sejauh ini sudah sekitar 700 orang yang datang,” kata Asisten Pemerintah Provinsi Maluku Utara III Asrul Gaillea di Ternate, Kamis.

Dikatakannya, kegiatan tersebut dipusatkan di Sofifi, ibu kota Provinsi Maluku Utara.

Hingga 16 Oktober, pihaknya masih fokus menyambut kedatangan anggota dan kontingen pendukung.

Peserta yang datang melalui jalur udara, setibanya di Bandara Sultan Babulla Ternate, langsung diantar ke pelabuhan Ahmad Yani, dari sana mereka diantar dengan speedboat menuju Sofifi yang jaraknya sekitar satu jam perjalanan.

Peserta ditampung di kompleks perumahan ASN, dan pusat acara adalah Masjid Raya Ashafur Hiarat.

Acara yang rencananya akan dibuka pada 16 Oktober 2021 itu masih dipastikan akan hadir oleh Menteri Agama Yakut Cholil Kumas.

Ia meyakinkan, sejauh ini panitia siap melaksanakan kegiatan tersebut, dan memastikan penerapan protokol kesehatan saat mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, juga mengimbau 100 personel Satgas Covid-19 di berbagai pintu masuk untuk menekan penyebaran COVID-19 selama STQ di Sofifi.

“Pemerintah Kota Ternate telah memperingatkan staf untuk ditempatkan di empat pintu masuk kota Ternate, yaitu Bandara Sultan Baabullah dan tiga pelabuhan,” kata Abdullah Sadik, Koordinator Disiplin dan Penegakan Hukum Gugus Tugas COVID-19 Ternate.

Dia menjelaskan, langkah tersebut diambil sebagai upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19 selama STQ, karena Kota Ternate merupakan pintu masuk bagi daerah-daerah yang mengirimkan kontingen ke Maluku Utara.

Oleh karena itu, kata dia, untuk mengantisipasi pelaksanaan STQ Nasional XXVI di Provinsi Maluku Utara, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Ternate akan melakukan pengawasan ketat terhadap pelaksanaan protokol kesehatan, mengingat Kota Ternate merupakan pintu masuk provinsi ini.

Dikatakannya, pelaksanaan STQ nasional akan berlangsung di Kota Sofifi, namun Kota Ternate merupakan pintu masuk utama bagi anggota STQ dari seluruh provinsi Indonesia ke Maluku Utara.

Setiap peserta yang tiba di Sofifi akan diperiksa suhu tubuhnya, dan jika di atas 37 derajat Celcius, tim medis akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Artikel sebelumyaKomisi III DPR Kunjungi Polda Sulut, Pantau Mitra
Artikel berikutnyaVirus African Swine Fever diduga telah menyusup ke Gunung Mas, Kalimantan Tengah